Daftar Cara Menghapus File Di Laptop Mudah


Perangkat hardisk di laptop pastinya berisi banyak file penting. Namun, dari sisi kapasitasnya akan memberi dampak cukup besar terhadap performa laptop dalam aktivitas multitasking. Jadi ada beberapa langkah penting untuk menerapkan cara menghapus file di latop secara tepat bahkan siapa saja bisa melakukannya.

Beberapa jenis file memang memiliki fungsi dan kapasitas tertentu. Jika terdapat banyak akses file yang sebenarnya tidak berguna maka diharuskan dihapus hingga tak memberi beban besar pada hardware beserta software. Meskipun ada beberapa cara tepat dan mudah menghapus file di perangkat laptop, akan lebih baik jika kita cek bersama seperti apa langkah-langkahnya.



Cara Menghapus File di Laptop Secara Umum


Menghapus file di dalam laptop harus lebih teliti karena metodenya sederhana namun dari sisi potensi kesalahan dalam menghapus masih cukup tinggi. Karena itulah, ada beberapa pembagian dalam cara menghapus file dari perangkat laptop secara permanen seperti berikut ini.

Untuk menghapus file secara umum di perangkat laptop mulailah dengan mengklik menu start, kemudian pilih opsi run. Nantinya akan ada coomand yang harus diketikan yakni gpedit.msc. Kemudian pada langkah berikutnya tekan OK atau bisa juga menggunakan Enter saja.

Akan terlihat jendela group policy editor yang kemudian Anda bisa pilih opsi User Configuration dan pilih kembali di dalam menu Windows Components. Cek di dalam Windows Explorer kemudian pada kolom sebelah kanan klik double pada opsi Do Not move deleted files to the recycle’s bin. Nantinya akan muncul jendela Do Not Move Deleted Files to The Recycle Bin Properties.

Sekarang pilih dari opsi Enabled dan lanjutkan dengan opsi OK atau bisa juga memilih menu apply, dan tutuplah kendela group policy editor.

Cara Menghapus File Chache di Laptop


Tidak hanya memperhatikan bagaimana cara menghapus file di laptop secara umum saja, namun ada metode lain yang juga berguna untuk menghapus file chache di laptop. Adanya file chache cukup besar akan memperlambat aktivitas browsing internet Anda, sehingga perlu adanya penghapusan file yang benar-benar lebih detail seperti berikut ini.

Memanfaatkan Fitur Run


Cara pertama untuk menghapus file chache di perangkat laptop bisa mengandalkan akses fitur run. Caranya sangat mudah yakni dengan menekan tombol Windows + R kemudian akan muncul sebuah jendela RUN dan ketiklah perintah %temp% dan tekan saja Enter.

Langkah selanjutnya buka folder temporary di dalam Windows kemudian hapus semua file dan folder yang berisi chache. Cara satu ini bisa digunakan untuk beberapa jenis sistem operasi termasuk Windows 7 dan juga Windows 10.

Memanfaatkan Disk Cleanup


Berikutnya ada cara menghapus file di latop  yakni menggunakan disk cleanup. Cara ini terbilang mudah yakni klik opsi menu Start, dan pilih Program dan Accessories, dan System Tool, kemudian pilih dari opsi Disk Cleanup.

Jika sudah meliht beberapa partisi di dalam harddisk, maka centang di semua pilihan yang ada lalu tekanlan tombol OK. Proses pembersihan chache memang membutuhkan waktu cukup lama, apalagi jika Anda jarang membersihkannya, maka durasinya bisa lebih lama.

Cara Menghapus File di Laptop Dengan Alat Bantu


Terkadang proses dari menghapus file di dalam laptop mengalami hambatan, sehingga dibutuhkan akses dari sebuah aplikasi ataupun alat bantu. Dari sinilah, ada banyak metode bisa Anda gunakan diantaranya seperti berikut ini.

Menggunakan Software Cleaner



Pastinya Anda pernah mendengar seputar fungsi Ccleaner untuk membersihkan file sampah di dalam perangkat laptop. Aplikasi ini sangat mudah diaplikasikan ke semua sistem operasi, maka dari itu akses aplikasi dan software Ccleaner ini akan sangat berbeda dengan versi lainnya.

Cara pertama unduh dan install software Ccleaner. Tak sulit untuk mendapatkan aplikasi Ccleaner ini, karena bisa diunduh dalam ukuran kecil. Sedangkan langkah berikutnya buka software kemudian tunggu proses pemindaian chache selesai.

Pada saat proses pemindaian sudah selesai, maka centang saja apa yang ingin dihapus kemudian klik tombol Jalankan Ccleaner. Proses pembersihan akan berlangsung sehingga Ccleaner akan menghapus semua chache yang menumpuk di dalam perangkat laptop.

Tunggu sampai prosesnya selesai dan durasinya akan tergantung pada jumlah chache yang menumpuk di dalam laptop Anda.

Revo Uninstaller


Selain digunakan untuk menghapus chache, ternyata Revo Uninstaller ini bisa digunakan untuk menghapus file juga. Caranya terbilang mudah dan hampir sama dengan aplikasi lainnya. Pada cara menghapus file di laptop ini terbilang mudah.

Aplikasi Revo Uninstaller sangat berguna untuk menghapus file dan juga registry. Cara menggunakannya cukup mudah yakni unduh kemudian install. Selanjutnya buka software lalu pilih opsi menghapus file.

Pada proses selanjutnya terbilang mudah yakni cek dari lokasi file yang ingin dihapus kemudian pilih mana yang ingin dihilangkan dari perangkat laptop. Jika sudah dipilih langkah berikutnya tinggal klik dari opsi clean up dan tunggu prosesnya selesai.

Cara Menghapus File di Laptop yang Tidak Bisa Dihapus


Terkadang dari proses menghapus file di dalam laptop mengalami kendala salah satunya sangat sulit ataupun tidak dapat dihapus. Kemudian Anda tak perlu khawatir lagi karena ada beberapa metode sederhana namun bisa diterapkan untuk menghilangkan file membandel bahkan yang sulit dihapus sekalipun.

Mengganti User Account Laptop


Tahapan pertama cobalah mengganti user account laptop yang mana dapat dimanfaatkan untuk menghilkangkan file membandel. Gunakan fasilitas User Account Administrator yang mana bisa dimulai dengan ubah switch user pada laptop. Akan tetapi cara ini masih cukup sulit jika sejak pertama mengoperasikan latpop Anda tak membuat user account.

Masuk ke Safe Mode


Berikutnya ada metode yang juga ampuh untuk menghapus file yang tak bisa dihapus yakni masuk ke dalam safe mode. Metode ini sangatlah berguna karena ada banyak file membandel bisa dihapus secara mudah. Untuk masuk ke dalam safe mode bisa dengan cara restart komputer kemudian tekan tombol F8 pada keyboard secara terus menerus sampai langsung masuk ke dalam BIOS komputer.

Jika sudah masuk ke dalam tampilan Safe Mode, mala carilah file yang terbilang sulit dihapus tersebut. Safe Mode ini memang memiliki keunggulan yakni lebih hemat pada penggunaan RAM dan juga service internetnya. Ada banyak perangkat dan software bisa diatur penggunaannya pada Safe Mode, sehingga sangat cocok untuk menghapus file membandel.

Melakukan Restart Laptop


Metode lain untuk bisa menghapus file di perangkat laptop adalah melakukan restart. Cara ini terbilang sederhana dan sangat efektif untuk menghilangkan file yang sebelumnya sudah dihapus namun tidak hilang-hilang.

Metode untuk restrat sangat mudah yakni pilih menu Start kemudian pilih opsi Shut Down, dan pilih lagi dari menu Restart. Cek kembali setelah laptop menyalan kembali apakah file yang dihapus tadi sudah hilang atau masih ada.

Beberapa metode dan cara menghapus file di laptop terbilang mudah baik menggunakan cara dari pihak ketiga berupa aplikasi atau software, kemudian ada beberapa cara lain untuk menghapus file yang sulit dihapus. Metode di atas sangat penting dan berguna bagi pengguna laptop, hingga akhirnya ada banyak sarana baru yang dapat dicermati kembali bagi pengguna laptop.


0 Response to "Daftar Cara Menghapus File Di Laptop Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel